Waspada, Ikan Sarden Kalengan Mengandung Cacing

ikan sarden kalengan

Sejak diumumkannya beberapa merk sarden kalengan yang positif mengandung cacing oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI, muncul kehebohan di tengah masyarakat awam. Berbagai ketakutan akan bahaya kesehatannya pun muncul.

Sebenarnya, parasit cacing apa yang ada di dalam daging ikan sarden dan bahaya kesehatan yang bisa ditimbulkan?

Dikutip dari berbagai sumber, kehebohan ini disebabkan karena parasit cacing Aisakis Sp. dari keluarga jenis cacing Anisakidae. Cacing ini memang hidup dengan menjadi parasit pada ikan dan mamalia laut, begitu pula di dalam ikan sarden atau ikan makarel.

Cacing ini bisa menyerang manusia jika manusia mengonsumsi daging ikan mentah tersebut. Kemudian timbul sejumlah gejala seperti sakit perut, mual muntah, demam, hingga diare. Bisa juga berlanjut dengan gangguan pernapasan atau munculnya ruam seperti ketika kamu alergi. Pada ibu hamil, larva cacing ini bisa membuat imunitas tubuh melemah dan membahayakan janin yang dikandung. Dan gangguan kesehatan dari parasit cacing ini dinamakan dengan anisakiasis.

Sebenarnya, kamu pun tak perlu ikut panik. Sebab cacing pasti akan mati saat ikan dimasak di atas 120 derajat celcius, yang pasti terjadi dalam proses pemasakkan dan pengemasan ikan kaleng. Begitu sampai di tanganmu dan hendak kamu konsumsi pun, kamu pasti juga memasaknya ulang alias tidak dikonsumsi begitu saja.

Memang konsumsi makanan mentah atau setengah matang, bisa menimbulkan bahaya kesehatan. Oleh karena itu berhati-hatilah dalam memilih bahan makanan dan cara mengolahnya ya.