Pemda Bolmut Gelar Peringatan Isra Mi’raj 1439H

Suriansyah Korompot Memberikan Sambutan Saat Peringatan Isra Mi'raj

BOROKO –  Pemerintah Daerah (Pemda) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menggelar Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1439 H / 2018 M. Kegiatan yang dilangsungkan di Lapangan Kembar Boroko itu mengusung tema “dengan semangat Isra’ Mi’raj 1439 H, kita tingkatkan amal ibadah, sholat serta menjadikan Masjid sebagai pusat ibadah dan sosial menuju Bolmut yang diberkahi Allah SWT. Jum’at, (13/04/2018).

Acara tersebut, diawali dengan pembacaan Qalam Illahi oleh Johra Karlos, Pemenang MTQ tingkat kabupaten Bolmut Tahun 2018. Kemudian dilanjutkan dengan hikmah Isra Mi’raj yang disampaikan oleh Ustadz Zainal, S.Ag.

Plt. Bupati Bolmut Suriansyah Korompot, SH dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan peringatan Isra’ Mi’raj yang disambut antusias masyarakat.


Dijelaskan, peringatan Isra Mi’raj ini awalnya akan digelar di Masjid Agung Baiturrahman, sehingga itu diberi masukan agar kali ini diselenggarakan di Lapangan Boroko, sebab ini merupakan pelaksanaan hari besar keagamaan dan bentuk syiar agama.

Dipilihnya Lapangan Boroko sendiri, agar dapat memberi peluang bagi seluruh masyarakat untuk hadir, diantaranya bagi kaum perempuan yang berhalangan untuk masuk Masjid.

Lebih lanjut dikatakan bahwa tantangan bagi umat pada zaman sekarang berbeda dengan zaman Rasul, dimana pada zaman jahiliah, yang paling sulit adaah meyakinkan sebagian umat untuk percaya dengan perjalanan isra mi’raj Rasul. Berbeda dengan hal tersebut, pada zaman sekarang, tantangannya adalah bagaimana memaksimalkan antusias masyarakat untuk memperingati Isra Mi’raj.

Peringatan Isra Mi’raj dapat dimaknai dengan merefleksikan kembali akan adanya kejadian luar biasa pada 1439 tahun yang lalu, dimana makna Isra Mi’raj sendiri adalah menjemput perintah lima waktu yang dilakukan Nabi Muhammad SAW saat menghadap Allah SWT. Sehingga itu, diharapkan momentum ini adalah bagian dari introspeksi diri untuk lebih meningkatkan ketaqwaan dan ibadah kepada Allah, SWT.

Plt.  Bupati Bolmut juga berharap agar ke depan, peringatan hari-hari besar keagamaan seperti ini, bisa dilaksanakan di tempat potensial seperti pelaksanaan Isra Miraj 1439 H yang digelar di Lapangan Kembar Boroko.

Sebelumnya, Kepala Bagian Binakesos Setda Bolmut Santoro, S.Pd, melaporkan bahwa pelaksanaan Isra’ Mi’raj 1439 H dimaksudkan untuk menjadi motivasi dalam meningkatkan semangat dan spirit beragama, yang mencakup wawasan keilmuan, terutama oleh para generasi penerus untuk menuju perubahan sikap dan perilaku yang mencerminkan bahwa kita, umat Akhirul zaman benar-benar sebagai pengikut yang setia pada ajaran Nabi Muhammad SAW.

Diketahui Turut hadir dalam acara tersebut Anggota DPRD Bolmut, Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati, Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah(SKPD), Kepala Kantor Kemenag, Ketua MUI, Ketua PHBI, Pejabat TNI/Polri, para Camat serta Sangadi se-Kabupaten Bolmut, beserta segenap ASN di lingkungan Pemkab Bolmut.